Let's Chat
Asal Usul Bakso Malang

Asal Usul Bakso Malang, Terkenal Hingga Seantero Negri

Asal Usul Bakso Malang – Bakso Malang merupakan masakan khas Indonesia yang banyak dikenal baik di dalam maupun luar negeri.

Bakso kuliner Malang ini memiliki khas rasa yang lezat dan memiliki tekstur yang lembut. Bakso Malang sudah menjadi sajian favorit pecinta kuliner Indonesia.

Namun tahukah Anda, bahwa bakso Malang mempunyai sejarah panjang dan menarik, serta banyak yang belum mengetahuinya. Simak ulasan berikut.

Asal Usul Bakso Malang

Hidangan ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang imigran Tiongkok bernama Tjoen Moesliem pada tahun 1939. Tjoen Moesliem awalnya membuka restoran bakso di kawasan Malang Town Square yang kemudian menjadi tempat terkenal menikmati bakso Malang. Salah satu yang membedakan bakso malang dengan bakso jenis lainnya adalah pada teknik pengolahannya.

Bakso Malang dibuat dengan cara diaduk menggunakan tangan agar daging dan bahan lainnya tercampur rata. Kemudian campuran bakso tersebut selanjutnya digiling dan ditekan-tekan hingga membentuk adonan lembut.

Bakso Malang ini dengan cepat menjadi tempat favorit masyarakat Malang dan sekitarnya. Rasanya yang lezat dan lembut membuatnya digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Warung bakso mulai bermunculan di berbagai sudut Kota Malang, baik di pinggir jalan maupun di pusat-pusat makanan. Seiring popularitasnya yang terus meningkat, bakso Malang pun mengalami perubahan rasa.
Selain bakso sapi, tersedia juga bakso ayam, bakso udang, bakso ikan bahkan bakso vegetarian. Hal ini memungkinkan pecinta bakso untuk memilih berdasarkan preferensi dan kebutuhan pribadinya.

Seiring dengan semakin meningkatnya kecintaan masyarakat terhadap bakso Malang, toko bakso ini mulai membuka cabang di luar kota Malang. Beberapa kota besar di Indonesia saat ini seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung juga menyajikan bakso Malang yang lezat ini.

Bahkan, beberapa warung bakso Malang bermunculan di luar negeri, memperkenalkan kepada dunia akan kelezatan bakso Malang. Dari pendatang Tionghoa ke Malaysia hingga hidangan ikonik di Indonesia. Dan bakso Malang terus dapat menarik perhatian dengan citarasanya yang lezat dan mempunyai teksturnya yang lembut. Dengan semakin beragam dan variasi menu yang juga menyesuaikan lidah daerah, kini semakin meluas di berbagai kota, bakso Malang terus menjadi favorit dan menarik selera para pecinta kuliner.

Ciri Khas Bakso Malang

Serupa namun tak sama, itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan bakso Malang dan bakso pada umumnya.

  1. Isian lebih beragam
    Bakso Malang isiannya lebih beragam, mulai dari bakso, tahu putih, siomai, dan siomay. Karakteristik lain dari bakso Malang adalah bakso yang renyah. Perpaduan kuah asin, pedas, serta beragam topping dan bahan tambahan seperti bawang goreng membuat masakan ini semakin nikmat.
  2. Tekstur dan ukuran bakso. Bakso Malang berukuran lebih kecil dan warnanya agak kecoklatan. Selain itu, tekstur baksonya juga lebih lembut dibandingkan bakso biasa.
  3. Kuahnya lebih berminyak. Dibanding bakso biasa, kuah bakso malang ini rasanya lebih berminyak. Memang bakso Malang dimasak dengan tulang dan jeroan seperti gajih. Karena proses ini, bakso jenis ini seringkali memiliki rasa yang lebih kaya dibandingkan bakso biasa.

Ciri Khas Bakso Biasa

Jangan bingung, berikut ciri-ciri bakso biasa yang berbeda dengan bakso Malang:

  1. Isinya banyak
    Bakso biasa, bukan bakso Bakso malang, isiannya banyak macamnya, mulai dari bakso kecil, bakso besar, bihun kuning, bihun dan daun sawi hijau. Beda bakso Malang dengan lapisan gorengnya yang renyah.
  2. Kuah lebih bening. Kuah untuk isian bakso biasanya dengan tampilan bening karena dimasak dengan campuran kaldu sapi. Kuah bakso biasa seringkali dimasak tanpa tulang atau jeroan. Ini yang membedakan dengan bakso Malang.
  3. Beragam Kreasi
    Kreativitas penjual bakso menciptakan produk yang beragam. Saat ini sudah banyak jenis bakso yang dimodifikasi dengan bahan lain seperti sambal (petasan), jamur, isian besar dan kecil (beranak), dll.

Ada banyak pilihan bakso yang bisa anda coba saat berkunjung ke Malang. Nah, berikut 5 rekomendasi bakso enak di Malang.

Rekomendasi Bakso Enak di Malang

Bakso President

Yang pertama Bakso President, merupakan salah satu bakso paling legendaris di kota Malang. Bakso ini, sudah didirikan sejak tahun 1977. Saat itu penjual masih menjual bakso dari gerobak.

Sejak tahun 1990, Presiden Bakso memiliki kios yang eksis hingga saat ini. Mampu bertahan antaranya selama 45 tahun menunjukkan bahwa Bakso Presiden benar-benar menawarkan kenikmatan kuliner bakso yang tak lekang oleh waktu.

Menunya juga beragam, antara lain bakso sapi, tulang bayi, bakso udang goreng, dan siomay. Kuah kaldunya yang nikmat memastikan pengunjung tidak akan kenyang hanya untuk menyantap satu porsi saja. Yang membuat bakso ini semakin ikonik adalah lokasi warung baksonya. Salah satu cabang Bakso President, yaitu tepatnya Batanghari, berada tepat di pinggir jalur kereta api. Anda bisa menikmati sensasi makan bakso sambil merasakan getaran saat kereta lewat.

Lokasi Pusat ada di Jl. Batanghari No.5, Rampal Claket, Kec. Klojen, kota Malang. Buka mulai jam 08:00 – 21:30 WIB, harga bakso mulai 5 ribu

Bakso Prima Cak Bowo Malang

Kalian yang suka makan bakso bareng teman wajib banget ke Bakso Prima Cak Bowo. Dengan dibanderol dengan biaya yang terjangkau, Anda sudah bisa mencicipi lezatnya bakso khas Malang. Bakso Prima menawarkan bakso yang bertekstur empuk, bola urat dan aneka gorengan yang dijamin nikmat.

Uniknya juga, Bakso Prima menyediakan berbagai jenis macam jeroan sebagai pelengkapnya. Mulai dari usus ayam, usus sapi, kikil, paru-paru hingga usus goreng.

Lokasi Cabang 1 ada di Jl. Kalpataru No.2, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, banyak orang Malang. Paket bakso dijual mulai dari harga Rp 10.000 dan gorengan antara1-3 ribu.

Bakso Damas Malang

Kalau mau makan bakso bisa pilih sesuai selera ya. Di Bakso Damas, anda bisa memilih menu bakso sesuai kesukaan. Bakso Damas memiliki konsep memilih sendiri menu yang beragam. Menu yang beragam ini pasti membuat anda pasti ingin mencoba semuanya!

Bakso Damas juga menyediakan bakso tahu, bakso halus,bakso telur puyuh, bakso urat, bakso bakar, aneka gorengan dan masih banyak lagi. Tambahan Saus dan lezatnya bakso yang bisa Anda pilih sendiri pasti akan membuat Anda puas saat makan di sini.

Lokasinya ada di Jl. Soekarno – Hatta No. 70, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, dan buka mulai pukul 10:00 – 22:00 WIB.

Bakso Pemuda

Bagi anda yang sedang berada di Kota Batu tidak perlu khawatir jika ingin menyantap bakso ini. Alasannya karena Bakso Pemuda terletak di kota Batu lho. Dan menimati bakso di udara segar kota Batu tentu menjadi kombinasi yang sempurna.

Bakso Pemuda mempunyai menu yang sangat kaya seperti bakso halus, bakso goreng, bakso urat dengan aneka masakan gorengan.

Lokasi ada di Jalan. Wr. Supratman No. 17, Sisir, Kec. Batu, kota Batu dan buka mulai jam 13.00 – 21.00 WIB. Untuk paket Bakso dikenakan harga mulai dari Rp 20.000.

Bakso Cak Man Kota

Bakso enak di Malang selanjutnya adalah Bakso Cak Man Kota. Saking terkenalnya cita rasa bakso yang satu ini, hingga kini sudah dibuka 36 toko di berbagai kota di Indonesia. Seperti semarang, yogyakarta, tegal, depok, palembang, jember, gresik, dll.

Menu Bakso Kota Cak Man juga sangat beragam, ada bakso halus, bakso urat, bakso raksasa, aneka gorengan, dan berbagai jenis mie. Lokasi Cabang Malang yang pertama yaitu ada di Jalan Letnan Jenderal. S. Parman No. 56A, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Malang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja
Scroll to Top